Desa Cikujang Mendapatkan Desa Favorit Tingkat Kabupaten Subang

Desa Cikujang Mendapatkan Penghargaan Juara Lomba Desa Tingkat Kabupaten Subang

Subang, Mitrabangsa.id – Pemerintah Desa Cikujang, Kabupaten Subang, Jawa Barat mendapatkan Desa Favorit Juara Lomba Desa.

Kepala Desa menggelar presentasi dari Dinas PMD, PKK dan KB dalam rangka Lomba Desa.

Kegiatan ini dilaksanakan secara terarah ,terkoordinasi, terpadu dan merupakan penjabaran secara teknis dari Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi perkembangan Desa dan Kalurahan.

Diketahui, pada tahun 2023 Desa Cikujang mengusung tema lokal ” Tata Kelola pemerintah Yang Baik dalam mewujudkan stabilitas Ekonomi dan Sosial Desa.

Adapun penilaian lomba meliputi berbagai aspek seperti Aspek Pemberdayaan Masyarakat, Aspek Pengelolaan Bumdes , Aspek Kemasyarakatan, Aspek kesehatan Dan Lain-lain.

Dalam pantauan pewarta mitrabangsa.id kegiatan klarifikasi lapangan kegiatan lomba Desa Kabupaten Subang Tahun 2023 tersebut dilaksanakan di aula Desa Cikujang.

Dalam pemaparannya Rodiah, Sp selaku Kepala Desa Cikujang didepan para juri maupun panitia pelaksana ” Alhamdulillah selama 4 tahun menjabat berbagai infrastruktur pembangunan sudah terealisasi meskipun dalam beberapa tahun terakhir terhambat oleh Covid-19.

Baca Juga : Kapolres Sumenep Melarang Keras Anggota Masuk Tempat Hiburan Malam, Akan Diberi Sanksi Tegas

Dan juga kami selaku Pemerintah Desa Cikujang saat ini mengembangkan usaha UMKM dari tahun 2019 sampai sekarang sudah mulai berkembang yang awalnya masyarakat kurang peduli, akhirnya kami sering melaksanakan sosialisasi akhirnya banyak ibu-ibu maupun para remaja ikut bergabung untuk menjalankan usaha UMKM kami.

” Ada beberapa Produk usaha UMKM hasil dari Masyarakat Desa Cikujang yang saat ini sudah mulai beredar di pasaran salah satunya Kopi Mugiri, Rengginang, minyak Atsiri dan beberapa Produk lainnya yang sudah dipasarkan lewat Shopie, ujarnya.

Ikuta hadir dalam acara kegiatan tersebut dari Camat Serangpanjang, Kapolsek Sagalaherang, beberapa kepala Desa yang ada di wilayah Kecamatan Serangpanjang, semua Perangkat Desa, RT, RW, Tokoh Masyarakat maupun dan juga ibu-ibu penggerak PKK Desa Cikujang.

banner 728x250