Melalui Strategi Spesial, Pemdes Pasongsongan Sukses Bangkitkan Animo Masyarakat Terhadap Vaksinasi

  • Bagikan
Foto: Masyarakat Pasongsongan tampak Antusias melakukan Vaksinasi.

Sumenep, MITRABANGSA.ID- Demi mendukung program pemerintah dalam membentuk Herd Immunity, Pemdes Pasongsongan Sukses bangkitkan animo masyarakat terhadap Vaksinasi dengan strategi spesial, yakni dengan cara persuasif dan humanis, Sehingga dengan cara itu, Masyarakat semakin antusias melakukan vaksinasi. Selasa, 12/10/2021.

Kepala Desa Pasongsongan, Ahmad Saleh Harianto S.Pt mengatakan bahwa meningkatnya gairah vaksinasi masyarakat desa Pasongsongan hasil dari sinergitas kerja sama yang baik antara Tim Nakes, TNI-Polri, aparatur desa, dan tokoh masyarakat yang turut serta mensosialisasikan Vaksinasi sehat dengan cara yang lebih edukatif dan persuasif.

Baca Juga : Empat Prioritas yang Akan Menjadi Fokus Pemkab Pamekasan Tahun 2022

“Meningkatnya animo masyarakat terhadap vaksinasi karena peran serta dari   semua pihak, baik dari Tim Nakes, TNI-Polri serta tokoh masyarakat yang sudah membantu menyampaikan hal yang baik terkait vaksin. Bahwa vaksinasi memang menyehatkan, halal, dan mempunyai peran vital membentuk Herd Immunity atau kekebalan tubuh seseorang,” kata Kades Ahmad Saleh Harianto S.Pt.

Oleh karena itu, pihaknya merasa bersyukur dengan berubahnya cara pandang masyarakat Pasongsongan terkait Vaksinasi.

“Saat ini persepsi masyarakat terkait Vaksinasi sudah berbeda dibanding beberapa bulan yang lalu, karena selama ini masyarakat Pasongsongan sebagian besar memang sudah termakan berita Hoaks terkait Vaksinasi, namun berkat kegigihan dan kesabaran semua elemen dalam menyampaikan sosialisasi merakyat dan cara yang tepat, Alhamdulillah dari target 4.279 orang, kini yang sudah di vaksin telah mencapai 41% yakni 1.767 orang ,” tuturnya.

Baca juga : Nihil Bantuan DBHCHT 40,9 M Pemkab Sumenep Super Wow, Buruh Pabrik Rokok dan Petani Tembakau Meradang

Pria Kharismatik yang menjadi orang nomor satu di Desa Pasongsongan itu berharap agar masyarakat Pasongsongan berfikir lebih rasional dalam menanggapi berita Hoaks yang akan mengundang kecemasan dan ketakutan terkait vaksin.

“Jika kita berfikir jernih, maka niscaya dampaknya akan positif terhadap hidup kita sendiri, untuk itu, kesampingkan berita yang mengandung unsur fitnah terkait Vaksinasi, karena pada hakikatnya pemerintah tidak akan pernah membunuh rakyatnya sendiri dengan cara vaksinasi. Justru vaksin adalah salah satu cara dan ikhtiar untuk sehat, agar perekonomian kita kembali bangkit dan kehidupan kita kembali seperti semula berlalu dari Pandemi,” ucapnya.

Baca Juga : Sukseskan STQ Nasional XXVI, Perusahaan Tambang Harita Nickel Sediakan 1 Unit Kapal dan 10 Bus

Ia melanjutkan ,”Pemerintah sudah membeli vaksin ini sangat mahal demi rakyatnya untuk keselamatan dan kesehatan, bukan malah sebaliknya. Oleh karenanya, ayo kita vaksinasi agar cita- cita negeri ini untuk bangkit dari Pandemi segera tercapai,” tukasnya.

Selain itu, kata Kades Hariyanto, belum tentu untuk tahun depan Vaksin ini akan gratis lagi. “Mari kita gunakan kesempatan ini sebaik baiknya karena tugas pemerintah juga menjadi kewajiban kita sebagai warga yang baik dan patut untuk mewujudkannya,” pungkas Kades Ahmad Saleh Harianto.

Sementara Itu, Sekretaris Desa Pasongsongan bernama Akhmad Nurhasanudin juga tetap meminta dukungan kepada semua elemen agar giat mensosialisasikan Vaksin sehat untuk masyarakat

“Hanya dengan cara cara yang baik kita akan mendapatkan kebaikan, untuk itu tim kita selalu kompak sosialisasikan Vaksinasi itu dengan persuasif tanpa paksaan, buktinya hingga saat ini masyarakat lebih antusias dari sebelumnya walaupun tanpa dipaksa bahkan datang sendiri ke balai desa untuk melakukan vaksinasi,” kata Akhmad Nurhasanuddin.

Baca Juga : Disurati Mendagri, Pilkades Serentak di Pamekasan Ditunda

Pihaknya juga menaruh harapan yang besar kepada masyarakat Pasongsongan agar masyarakat yang belum melakukan vaksin suntuk konsultasi  terlebih dahulu kepada orang yang sudah di vaksin atau petugas nakes di Puskesmas setempat, seperti apa manfaat dan dampaknya untuk kesehatan.

“Sudah banyak masyarakat yang sudah melaksanakan vaksin, dan hingga saat ini mereka yang sudah di vaksin lebih sehat dari sebelumnya. Kenyataan itu harusnya menjadi contoh dan semangat bagi masyarakat yang belum di vaksin untuk tergerak hati melakukan vaksinasi, karena Vaksin memang untuk kesehatan, membentuk Herd Immunity agar tidak cepat terserang wabah Covid-19,” imbuhnya dengan Lugas.

Foto : Sekdes Pasongsongan, Akhmad Nurhasanudin

 Dirinya menandaskan bahwa giat Vaksinasi berhadiah di Desa Pasongsongan juga dilakukan seminggu dua kali sebagai bagian dari pelayanan kesehatan ditengah Pandemi Covid -19.

“Mudah-Mudahan ikhtiar kita dalam hidup di masa pandemi  diberikan keselamatan dan kesehatan agar  bisa bangkit dari wabah ini, ” tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *