Partai Demokrat Majalengka Tolak Profesional Tertutup di Pemilu 2024

Partai Demokrat Majalengka Tolak Profesional Tertutup di Pemilu 2024.

Majalengka, Mitrabangsa.id – Wacana Sistem Pemilu 2024 akan digelar dengan sistem cara proporsional tertutup.

DPC Partai Demokrat Kabupaten Majalengka tampaknya ikut handil dalam acara itu.

Ketua DPC  Partai Demokrat Kabupaten majalengka Ir.Fauzan Zemsar Fuad AZ menyatakan ” sistem Proporsional tertutup untuk pemilu di tahun 2024 adalah suatu kemunduran dan merugikan calon anggota Legislatif.

” Karena jika sistem ini di pakai, yang di untungkan adalah Nomor Urut 1,2,3 dan seterusnya ” ujarnya .

Kata dia, dalam memilih wakil Rakyat, kita harus tahu dulu siapa yang akan kita pilih, tentu kita akan memilih calon yang kita kenal.

” Jika kita memakai sistem Proporsional Tertutup kita tidak akan mengenal siapa calon yang akan kita pilih, ibaratnya Kita Membeli Kucing Didalam Karung ,” Tegasnya.

Menurutnya, sistem tersebut adalah suatu kemunduran, karena sistem tersebut pernah kita gunakan di pemilu yang lalu di jaman Orde Baru, nah setelah Jaman Reformasi, sistem Proporsional tertutup tersebut barubah menjadi Sistem Proporsional Terbuka, seperti yang pernah kita laksanakan di pemilu kemarin.

” Proporsional tertutup hanya memilih partai nya saja. tidak memilih Calon anggota dewan yang di usungnya , dan tidak akan pernah  kita lihat baligho Caleg dari Partai manapun terpampang di jalan,” jelas ini suatu kemunduran Demokrasi.

Baca Juga : Hujan Deras Melanda Di Kota Sumenep, Air Sawah Meluap Permukaan Akses Jalan Nambakor

Baca Juga : “Ngopi-Jogo Suroboyo” Kerja Bareng PJI dan Pemuda Pusura

Ia berharap, masyarakat dapat  memilih siapa calon yang akan mereka pilih sebagai wakil mereka, jadi warga masyarakat memilih calon anggota dewannya yang telah mereka kenal sebagai penyambung aspirasi merek,, kalo dengan sistem Proporsional Tertutup, warga masyarakat tidak akan mengenal siapa yang mereka usung sebagai perwakilan mereka.

Lanjutnya, warga hanya mencoblos partainya saja , kompetisi antar Caleg akan menambah kedekatan caleg tersebut dengan Pemilihnya , sehingga akan menimbulkan rasa saling memiliki satu sama lain.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Majalengka Ir. Fauzan Zemsar Fuad AZ jelas menolak Sistem Proporsional Tetutup, Karena itu Kemunduran Demokrasi . saya yakin sistem Proporsional terbuka sudah tepat dan itu bukti dari kemajuan untuk Demokrasi Bangsa Ini.

” Jelas ini akal bakalan saja sistem Proporsional Tertutup, adalah Kemunduran Demokrasi , Saya Sangat Tidak Setuju Dengan Sistem Tersebut,” pungkas Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Majalengka Ir.Fauzan Zemsar Fuad AZ menutup perbincangan .

banner 728x250