KPU Pamekasan Menggelar Sosialisasi Tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024

Perubahan Rencana Dapil Baru, KPU Pamekasan Resmi Membuka Pendaftaran PPK Pemilu 2024
Foto : Komisi Pemilihan Umum Pamekasan Gelar Sosialisasi Tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang di gelar hotel odaita Pamekasan pada Rabu, (23/11/2022).

PAMEKASAN, MITRABANGSA.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menggelar Sosialisasi tahapan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024. Yang diselenggarakan di Hotel Odaita Pamekasan pada Rabu, (23/11/2022).

Diketahui, dalam rekrutmen yang masuk dalam pendaftaran selama tiga hari sudah mencapai 375 orang bagi calon PPK Pemilu.

Komisi Pemilu Umum (KPU) Pamekasan yang melalui divisi sosialisasi pendidikan pemilih partisipasi masyarakat dan SDM, Fathorahman mengatakan dalam rangka
Agenda ini, KPU Kota Pamekasan akan mengusulkan dua rancangan perubahan Dapil ke Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia.

” Sebagai amanah menjalankan dari undang-undang sekaligus PKPU, KPU Kabupaten Pamekasan mengusulkan perubahan rancangan dapil minimal dua ke KPU RI, ” Ujar Fathorahman.

Ia menjelaskan, Selain amanah UUD, tentu harus memperhatikan prinsip-prinsip dapil untuk menyusul rancangan. Selanjutnya yang akan diumumkan kepada masyarakat, agar masyarakat bisa memberikan tanggapan dan masukan kepada KPU Kabupaten Pamekasan.

KPU Kabupaten Pamekasan akan menambah enam dapil yang diusulkan yang mana untuk ditetapkan.

” KPU Kabupaten Pamekasan akan melakukan uji publik dengan melibatkan berbagai macam pihak melalui pemerintah daerah partai politik, tokoh masyarakat, praktisi akademisi dan stakeholder yang lain, ” Ungkapnya.

Menurutnya, hasil uji publik yang di dalamnya tentu melalui berbagai macam kajian-kajian strategis diskusi-diskusi yang tentunya pasti cukup alat dan masukan masyarakat juga akan kami sampaikan dan akan diajukan ke KPU RI.

Lanjut dia, rancangan usulan dapil yang mana yang akan kemudian kita pergunakan dalam pemilihan umum 2024 khusus untuk daerah pemilihan di Kabupaten Pamekasan untuk pemilihan DPRD pengumumannya hari ini sampai nanti tanggal sampai nanti jam 24.00. Dan itu harus diumumkan kepada publik supaya agar dapat tanggapan saran dan masukan dari masyarakat.

” Calon pelamar yang sudah mengupload persyaratan yang melalui Aplikasi SIAPA, sebagian besar sudah diverifikasi oleh operator admin, ” terangnya

Baca Juga : Personil Anggota Polsek Proppo, Bantu Warga Mendorong Mobil jama’ah Pengajian Kehabisan BBM

Baca Juga : Satpol PP Pamekasan Bersama Tim Satgas Lakukan Sidak Operasi Pasar, Dalam Upaya Menyetop Rokok Ilegal

Sambung dia, jika ada kekurangan dalam persyaratan yang telah di unggah di aplikasi SIAPA, persyaratan itu dikembalikan dan diberitahukan ke calon pelamar itu apa kekurangan persyaratannya yang perlu dipenuhi.

Saat di tayakan oleh awak media,red apakah ada kendala untuk pendaftaran melalui online ” Karena ini sesuatu yang baru, biasanya mendaftar secara manual sekarang harus membuat akun melalui media aplikasi. dan proses itu kan ada ketentuan-ketentuan bahwa maksimal 1 MB tentu yang mungkin menjadi kendala dipihak melamar, ” tandasnya.

Fathorahman memaparkan, dalam persyaratan pendaftaran itu, harus melengkapi peserta pemilihan kesehatan untuk mengantisipasi bahwa calon penyelenggaraan kita tunggu dulu sehat secara jasmani dan rohani.

” Dalam melengkapi surat keterangan sehat, harus mencantumkan tiga hal yaitu tekanan darah, gula darah dan kolesterol di samping itu juga membuat pernyataan secara pribadi bahwa betul-betul sehat secara rohani. Untuk mengantisipasi kedepannya agar penyelenggaraan pemilu kesehatan secara maksimal, ” Pungkasnya.

banner 728x250