Puja Puji Nama Sang Nabi, Inilah Tradisi Maulid di Kecamatan Banyuates Pulau Garam Madura

  • Bagikan

Sampang, MITRABANGSA.ID-  Bulan bersejarah Ummat Islam lahirnya nabi besar Muhammad SAW memberikan dimensi ruhaniyah bagi ummat muslim di pelosok negeri. Demi menghormati bulan yang penuh dengan kemuliaan ini, warga Madura khususnya pasti akan menggelar acara Maulid Nabi. Kegiatan tersebut merupakan tradisi bagi umat Islam terlebih lagi  masyarakat di Pulau Garam, Madura. Rabu, 13/10/2021.

Maulid Nabi sendiri dilakukan masyarakat dengan cara mengundang ulama, tetangga dan para kerabat. Kemudian mereka membaca sholawat dan puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW kemudian ditutup dengan doa.

Tidak hanya satu rumah yang menggelar Maulid Nabi, tetapi hampir satu desa. Acara Maulid Nabi itu bergantian dari satu rumah ke rumah warga yang lain.

Keunikan masyarakat Madura menyambut Bulan Maulid dengan menyajikan hidangan (nasi, kue, ikan dan buah yang dibungkus dengan daun atau kertas) yang didapat. Sebab, setiap rumah yang didatangi pasti ada berkatnya. Jika warga itu mendatangi 10 rumah, berarti mendapat 10 berkat.

Bisa dibayangkan bila tidak membawa tas plastik, tentunya akan kesulitan saat membawa berkat. Sehingga semua warga, baik orang tua maupun anak-anak membawa tas plastik.

Kondisi tersebut seperti yang terjadi di Desa Banyuates kecamatan Banyuates kabupaten Sampang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *