Tumpukan Sampah di Jembatan Pasean Menjadi Sorotan Masyarakat

Tumpukan Sampah di Jembatan Pasean Menjadi Sorotan Setempat
Foto : Sampah Dipinggir Jalan Pasean, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Pamekasan, MITRABANGSA.ID,- Jelang HUT Kemerdekaan RI ke 77 Tahun, tumpukan sampah di sebelah Jembatan Nasional pembatasan Desa Batukerbuy- Desa Tlontoraje, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan menjadi pemandangan yang menarik dan perbincangan warga setempat.

Nanang Tolo Toger menyikapi adanya Sampah didepan rumah yang kian hari kian menumpuk. Menurutnya, sepantasnya pemerintahan desa dan atau Kecamatan setempat peduli pada lingkungan apalagi yang terkait dengan sampah yang menumpuk seperti itu yang kian hari kian menumpuk bertahun tahun tidak dilakukan cara mengentaskan untung sebagian dihanyut oleh air sungai yang ada di Pasean.

” Saya sebagai pemuda desa sangat malu pada desa tetangga lainnya dikarenakan baik pemerintahan desa setempat kecamatan dan daerahpun terkesan tutup mata padahal Dana Desanya cukup besar yang di gelontorkan pemerintah pusat,” tutur Nanang Tolo Toger, Kamis (11/8/2022).

Nanang menambahkan, pihaknya, merasa risih dengan adanya tumpukan sampah tersebut. Karena tidak juga kunjung dibersihkan oleh yang mempunyai kewenangan tersebut.

” Kebetulan tumpukan sampahnya tepat di depan warung kopi saya, tempat Ngopi para kaula muda dan orang tua saya malu pada mereka namun apa boleh buat yang berwenang tidak peduli desanya dijadikan Pembuangan sampah mini apalagi ini HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 yang seharusnya menghormati hari dan bulan yang yang penuh sejarah sehingga kita bisa menikmati dana Desa katanya,” tuturnya.

Menurutnya, tumpukan sampah tersebut menghiasi pemandangan jalan tanpa ada upaya dari pihak yang berwenang khususnya pemerintahan desa Batukerbuy dan Kecamatan Pasean untuk menuntaskan sampah agar bisa di lihat indah.

” Karena ini jalan raya yang berstatus jalan Nasional. Apalagi, lokasi sampah ini tepat pada sisi jembatan batas desa Batukerbuy,” terangnya.

Baca Juga : Vision and Mission, Dinas PU Bina Marga Dan Sumber Daya Air Kota Sumenep

Baca Juga : Terima Penghargaan BKN Award 2022, Pemprov Jatim Peringkat 1 Perencanaan Kebutuhan Dan Mutasi Pegawai

Pihaknya berharap agar pemerintah desa setempat melakukan upaya untuk membersihkan sampah sampah tersebut. “Kami sebagai warga desa Batukerbuy, Kecamatan Pasean berharap agar Pemerintah setempat, khususnya pemerintahan desa kami ada upaya- upaya dan ikhtiar untuk menuntaskan sampah ini sebelum 17 Agustus 2022 , agar di sisi jalan Nasional dan desa kami tampak bersih apalagi momennya sekarang bulan Agustus menjelang HUT Kemerdekaan RI yang pastinya dalam sebulan ini banyak kegiatan,” harapnya.

Dirinya meminta agar pemerintah desa membuat bak sampah agar setiap harinya sampah tersebut bisa diangkut dan tidak semakin menumpuk. ” Ada baiknya dibuatkan bak sampah agar setiap hari bisa diangkut oleh petugas kebersihan,” ungkapnya.

Akan tetapi, lanjut warga setempat, jika masih belum ada petugas kebersihan, patut rasanya pemerintahan setempat mempekerjakan masyarakatnya dan menyiapkan armada angkutnya.

” Akan sangat disayangkan jika pemerintah setempat sudah tidak peduli lagi pada kebersihan dan tutup mata. Karena saya yakin dari pihak pemerintahan setempat melihat dan tahu atas pemandangan tidak sedap dan bau busuk sampah basah yang diduga dibuang oleh warga dan para pelaku usaha dipasar harian desa Tlontoraje,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Pasean, Iwan hingga berita ini ditayangkan belum juga mengangkat panggilan telepon Redaksi media selama berulang kali untuk dimintai tanggapan adanya sampah basah yang menumpuk.

banner 728x250