Uji Klinis, Bupati Bangkalan Dukung Penuh Program Vaksin Merah Putih

Uji Klinis, Bupati Bangkalan Dukung Penuh Program Vaksin Merah Putih

Bangkalan MITRABANGSA.ID,- Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron menerima kunjungan Tim Vaksin dari Universitas Airlangga (Unair), Kamis (3/2/2022). Bekerjasama dengan Rumah Sakit dr Soetomo Surabaya, Unair memproduksi vaksin Covid-19 dengan nama vaksin merah putih.

Tim Peneliti vaksin Merah Putih Unair Surabaya, Dwiyanti Puspitasari mengatakan, uji klinis yang sudah dilakukan pada hewan, proteksinya mencapai 80 persen lebih.

Dia juga mengatakan, vaksin tersebut relatif aman, sebab vaksin tersebut diproduksi dari virus yang sudah dimatikan, sehingga memiliki sedikit efek samping.

Baca Juga : Bupati Bangkalan, Hadiri Peningkatan Cakupan Imunisasi dan Sunatan Masal

Baca Juga : Wabup Bangkalan, Pengukuhan Pelantikan TP PKK Kecamatan

Baca Juga : Bupati Bangkalan, Gerak Cepat Tinjau Tebing Jalan Poros Amblas Di Desa Deleman

” Kalau dengan vaksin yang sudah ada, vaksin ini hampir sama dengan vaksin sinovac. Tapi ini efek sampingnya sedikit namun hasil uji klinisnya sangat memuaskan,” ujarnya usai bertemu dengan Bupati Bangkalan, di Pendopo Agung Bangkalan.

Saat ini pihaknya sedang mempersiapkan uji klinis pada manusia. Fase pertama direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Februari ini. Sedangkan fase kedua direncanakan pada bulan April-Mei mendatang.

” Sekitar 130 orang sudah bersedia menjadi relawan uji klinis fase satu. Sedangkan untuk fase kedua kita masih merekrut relawan,” Tuturnya.

Untuk relawan uji klinis fase kedua, kata dia, membutuhkan sekitar  400-500 orang relawan. Syarat untuk menjadi relawan uji klinis adalah tidak pernah divaksin dan bersedia menjadi relawan.

” Kami sowan ke Bapak Bupati untuk menjajaki apabila ada warga Bangkalan yang bersedia menjadi relawan kami,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron mengatakan, vaksin karya anak bangsa ini perlu didukung oleh segenap pemerintah daerah di Jawa Timur. Diharapkan ada relawan yang sukarela untuk divaksin Merah Putih tersebut.

” Mudah-mudahan vaksin Merah Putih ini nantinya bisa membantu menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia khususnya di Jawa Timur,”pungkasnya

banner 728x250