Wabup Sumenep Hadiri Ceremonial Budidaya Pisang Cavendis di Desa Dasuk

Wabup Sumenep Hadiri Ceremonial Budidaya Pisang Cavendis di Desa Dasuk

Sumenep, Mitrabangsa.id – Wakil Bupati Sumenep hadiri acara ceremonial penanaman budidaya pisang cavendis bersama komunitas petani mandiri di desa Kerta Barat, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa timur Senin, (24/7/2023).

Roval Alanov dan team dari Komunitas Petani Mandiri berinisiatif untuk mengadakan pergerakan mandiri demi memajukan pertumbuhan ekonomi dari basis pertanian yang kami geluti yaitu : BUDIDAYA PISANG CAVENDISH.

Selama ini yang menjadikan motivasi bagi kami petani Sumenep yaitu melihat banyaknya peluang dari budidaya tersebut, baik secara pemanfaatan lahan tidur sebagai alternatif agar dapat  berproduksi hasil yang baik.

Selain budidaya, kita juga mencari solusi akhir yaitu market atau pemasaran hasil panen baik secara lokal maupun nasional, tuturnya.

” Selama ini kami banyak mendapat bimbingan dari para team ahli pabrikan pisang cavendish yang ada di Jatim baik dari pola tanam hingga pola perawatan buah, sampai panen dan bahkan marketnya. Alhamdulillah kami sudah menjalankan budidaya pisang cavendish selama 2,5 tahun,” Ungkapnya.

Percobaan awal budidaya pisang cavendis sekitar 1 hektar didesa Kalianget Barat dan 5 hektar di Jengarah. Dan saat ini kita kembangkan lagi di Desa Kerta Barat – Kec Dasuk seluas 1 hektar. Diharapkan ini akan menjadi percontohan untuk komunitas petani yang lain dan juga masyarakat yang ingin mengikuti langkah kami.

Tak hanya itu, Kami bersama team juga sudah membangun pabrik repening sendiri di Kota Sumenep tepatnya di Jalan Seludang sebagai jawaban atas market bagi para petani pisang cavendish yang selalu jadi keraguan mereka untuk menjual hasil panennya.

Komunitas kami selama ini menjual hasil panennya ke beberapa offtaker / buyer boleh saya katakan ada  Bancave dan Resmi Fresh yang intens membeli hasil panen kami walau sebenarnya ada beberapa offtaker yang sudah pernah juga membeli hasil panen kami, tapi dua offtaker inilah yang sekarang menjadi mitra kami, tuturnya Roval.

Menurut Wabup Sumenep, Nyai Eva sekaligus Motivator budidaya ini akan terus membina dan memberikan motivasi supaya para petani kita mampu memaksimalkan hasinya demi peningkatan pendapatan mereka dari sektor pertanian. Bahkan Beliau tidak letihnya memotivasi kami sejak awal  budidaya hingga saat ini yang sudah beberapa kali panen dan bahkan sudah memiliki pabrik repening sendiri, imbuhnya.

“Saya selalu mencarikan market yang lebih luas dan juga selalu  melakukan pelatihan untuk mengemas produk turunannya menjadi berbagai macam varietas untuk bisa jadi produk olahan yang bisa join  dengan pelaku UMKM sebagai mitra marketnya, pungkasnya

banner 728x250