Wabup Sumenep Hadiri Launching Klinik UMKM Plus Seminar 2023 di Universitas Naratoma Surabaya

Wabup Sumenep Hadiri Launching Klinik UMKM Plus Seminar 2023 di Universitas Naratoma Surabaya

Surabaya, Mitrabangsa.id –  Wabup Sumenep hadiri Launching klinik UMKM Plus seminar 2023 di gedung Universitas Narotama, Surabaya, Jawa Timur Selasa, (30/5/2023).

Wabup Sumenep didampingi Asosiasi Makan dan minuman (AMJ) dalam kehadirannya, pihaknya berharap UMKM Sumenep bisa berkolaborasi dengan perguruan tinggi. Seperti salah Satu contoh, Universitas Narotama yang sudah punya jaringan se-asean

Kata wabup Sumenep, tinggal bagaimana UMKM Sumenep mengkolaborasikan produk-produk Sumenep siap go nasional maupun go internasional.

” UMKM Sumenep harus tetap semangat meningkatkan mutu dan bisa meningkatkan potensi di Kabupaten Sumenep menjadi produk-produk unggulan baru dan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh UMKM, ” Harapannya.

Sambung dia, UMKM tidak boleh stagnan harus ada beberapa varian produk yang harus dimunculkan sehingga bisa menyasar pangsa pasar baru yang ada konsumen baik negeri maupun luar negeri.

Ketua AMJ Sumenep Ibu Sri Handayani dan H. Umul selaku bendahara menambahkan,  AMJ Korda Sumenep harus naik kelas dan harus  go nasional maupun go internasional.
AMJ Sumenep akan terus meningkatkan kwalitas produknya, dan tentunya akan terus belajar dan tidak bosan menghadiri acara-acara seminar.

Sementara itu, ditempat yang sama menurut Rasi Alimudin Rektor Universitas Narotama menjelaskan bahwa acara ini kerja sama Universitas Narotama dengan Aliansi pendidikan Vokasional Jawa Timur sekaligus IDE, OJK, BRI, BTN, Pegadaian dan BNI.

Dr. Insinyur Jamhadi selaku ketua Aliansi Pendidikan Nasional dan sekaligus ketua klinik UMKM go publik memberikan ruang seluas-luasnya kepada pelaku usaha UMKM untuk memperluas usahanya.

Lanjutnya, pemerintah sudah luar biasa memberikan fasilitas baik itu walikota, Bupati, Gubernur, perbankan Pegadaian, dan OJK, tuturnya.

Saat ini Universitas Narotama beserta advokasi Jawa Timur meluangkan diri siap di depan, sehingga ketua klinik go public mengantarkan mereka untuk bisa memperluas usahanya.

” Untuk bidang produksi dipulihkan pelan-pelan, relasi-relasi bisa terbentuk untuk menyempurnakan produknya.
Yang sudah punya modal dilatih manajemennya supaya mereka lebih tertata, ” Cetusnya.

Tak hanya itu, ia siap memasarkan  untuk memperluas marketnya. Kemudian mereka kita dorong akademisinya untuk menurunkan gagasan-gagasan memproduksi barang yang terbaik. Lalu yang memiliki bisnis dan kemauan bersama dipersilahkan datang ke klinik untuk belajar.

” UMKM Industri Estate supaya bisa berkolaborasi bersama antara makanan dengan fashion. 10 usahawan di bidang yang sama di tempat industri estate bisa menciptakan sebuah pabrik. dengan demikian bisa go nasional dan go internasional,” pungkasnya.

banner 728x250