Zaeroji Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim Tutup Program Rehabilitasi Sosial dan Pelatihan Kemandirian Tahun Anggaran 2022

Zaeroji Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim, Tutup Program Rehabilitasi Sosial dan Pelatihan Kemandirian Tahun Anggaran 2022

PAMEKASAN, MITRABANGSA.ID,- Penutupan program Rehabilitasi Sosial dan penutupan Pelatihan Kemandirian Tahun Anggaran 2022 telah resmi ditutup oleh Zaeroji Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur.

Penutupan program Rehabilitasi Tahap I bagi Warga Binaan Pemasyarakatan berlangsung di lapangan dalam Lapas Narkotika Kelas II A Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim pada Rabu 03 Agustus 2022 sekitar pukul 09.00 wib.

Turut hadir diantaranya Wakil Bupati Pamekasan Dr. Ir. H. RB. Fattah Jasin beserta AKBP Rogib Triyanto Kapolres Pamekasan, Letkol Inf Ubaidillah Dandim 0826/Pamekasan, Dr M. Amirullah Ketua Pengadilan Negeri Pamekasan, Teuku Rahmasyah Kejari Pamekasan, AKP Junairi Tirto Kasat Narkoba Polres Pamekasan, Kemenag Pamekasan, Kusmanto, Yayasan Pelita Kasih Allah, Indra dan Ketua Ghana Recovery Pamekasan, Hamdan, serta Kepala Sekolah SMKN 2 Pamekasan, Adi Sastriawan, Kepala Sekolah SMKN 3 Pamekasan, Sulistyo Wardani juga Perwakilan Univ. Madura Muhammad, perwakilan Ponpes Al-Kautsar, Ustadz Nasir,

Dalam sambutannya,Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim, Yan Rusmanto menyampaikan, hasil laporan kegiatan yang dilaksanakan di Lapas Narkotika kurang waktu lebih 6 bulan.

Dalam program pelatihan kemandirian ini Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan menjalin kerjasama dengan SMKN 2 dan SMKN 3 Pamekasan dengan mengadakan 4 jenis Pelatihan Kemandirian yaitu Pelatihan Kemandirian Kontruksi, pengelasan, menjahit dan Meubeler, Ujarnya.

Baca Juga : Proyek Tambal Sulam Jadi Sorot Masyarakat Setempat

Baca Juga : Bersatu Kita Teguh, Kapolres AKBP Edo Satya Kentriko.,S.H.,S.I.K.,M.H Lakukan Kunjungan Di Setiap Polsek Sumenep

” Adapun peserta yang saat ini mengikuti kegiatan pelatihan kemandirian adalah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berjumlah 220 orang dan di setiap kegiatan pelatihan diikuti sebanyak 20 orang per kegiatan,” tuturnya Kalapas Narkotika Kelas II A Pamekasan kepada awak media.

Selain itu, Yan sapaan akrab Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan melanjutkan bahwa laporan pada hari ini merupakan hasil dari kegiatan Rehabilitasi Sosial Narkotika dan Pelatihan Kemandirian Tahun 2022

“ Sementara itu, untuk Program Rehabilitasi Tahap I ini, Kata Yan menambahkan kalau kegiatan ini bekerja sama dengan Kodim 0826/Pamekasan, Ghana Recovery, Ponpes Al-Kautsar Pamekasan dengan jumlah peserta 220 orang WBP. Dan Ghana Recovery sebagai tenaga Assesor dan konselor dalam kegiatan rehabilitasi telah melaksanakan 2 kali test urine dan hasilnya sebanyak 220 WBP hasilnya negatif,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Zaeroji Kakanwil Kemenkumham Jatim memberikan sambutan sekaligus menutup Program Rehabilitasi Sosial dan Pelatihan Kemandirian Tahun 2022 menyampaikan apresiasi terhadap Kalapas beserta Instansi yang terlibat dalam kegiatan ini selama kurun waktu 6 bulan.

Dengan gemblengan selama 6 bulan ini, saya anggap sangat luar biasa dan Saya juga memberikan apresiasi kepada Kalapas dan teman-teman dari Kepolisian, TNI, Pemda yang mendukung kegiatan seperti ini, semoga kedepannya kegiatan ini berjalan dengan lebih baik lagi. Saya berharap dengan adanya program ini dapat merubah perilaku Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) saat telah kembali ke masyarakat umum,” Kata Zaeroji.

Selanjutnya Zaeroji Kakanwil Kemenkumham Jatim bersama Wakil Bupati Pamekasan, Dr. Ir. H. RB. Fattah Jasin dan Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim, Yan Rusmanto menyerahkan sertifikat Rehabilitasi Sosial Narkotika dan Pelatihan Kemandirian secara simbolis sekaligus pelepasan tanda peserta.

Hal senada disampaikan yang disampaikan oleh Wakil Bupati Pamekasan, Dr. Ir. H. RB. Fattah Jasin. bahwasannya Pemkab Pamekasan akan mendukung dengan memberikan fasilitas terkait hasil produk Pelatihan Kemandirian Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan.

” Saya kira program yang diberikan Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan kepada para WBP sudah sejalan dengan program yang dicanangkan oleh Pemkab Pamekasan sehingga kita akan terus memonitor dan mendukung agar hasil pelatihan kemandirian kedepannya dapat meningkatkan dari segi kualitas dan pemasaran,” jelasnya.

Kegiatan penutupan ini diakhiri dengan penampilan Parade Demonstrasi dari para peserta Rehabilitasi dan peserta Pelatihan Kemandirian Tahun 2022 diantaranya penampilan Al-Banjari, Penampilan Tari Saman oleh Residen Rehabilitasi, pragaan LKBB, Periksa kerapian, Do’a kedamaian, Tree Step, The Creed (Ikrar), Catur Narapidana dan Yel-yel. Dan ditutup dengan foto bersama para tamu undangan dengan Residen Rehabilitasi Sosial Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham.

Tinggalkan Balasan